KARYA SISWA

XI MIPA 3_AFIF JAMHARI

Berikut ini adalah salah satu karya yang dibuat oleh Afif Jamhari, salah satu siswa SMAPA. Karya ananda Afif ini dibuat saat OSIS PRASETYATAMA mengadakan “Gerakan Hobi Produktif#1: Lomba Cerpen”. Karena lomba ini diadakan bertepatan dan untuk memeriahkan Hari Pahlawan, maka tema yang diambil adalah Kepahlawanan. Meskipun disaat pandemi yang mengharuskan para siswa untuk melakukan PJJ, hal itu bukanlah suatu halangan bagi siswa SMAPA untuk berkarya.

deskripsi:

Di  suatu sore, Kakek Komis seorang Veteran TNI AD berumur 95 tahun tengah duduk bersantai di teras belakang rumahnya. Terkenang olehnya, perjalanan dalam misi merebutkan kembali kota Yogyakarta dari tangan Belanda, juga kenangan tentang sahabat masa kecilnya, Karmo, yang rela berjuang hingga merenggut nyawanya.

Cerpen ini memiliki gaya bercerita yang sederhana, namun kuat dan sangat sesuai tema. Kisah persahabatan antara Kakek Komis dan Karmo mampu membawa kita turut merasakan makna perjuangan dan dalam setiap perjuangan tentunya harus ada yang dikorbankan. Tak hanya nilai kepahlawanan, cerpen ini juga sarat akan nilai persahabatan.  Penggunaan alur yang bervariatif turut menambah daya tarik cerita ini.

XI IPS 2_MOHAMMAD RIZKY HW

Berikut ini adalah salah satu karya yang dibuat oleh Mohammad Rizky, salah satu siswa SMAPA. Karya ananda Rizky ini dibuat saat OSIS PRASETYATAMA mengadakan “Gerakan Hobi Produktif#1: Lomba Cerpen”. Karena lomba ini diadakan bertepatan dan untuk memeriahkan Hari Pahlawan, maka tema yang diambil adalah Kepahlawanan. Meskipun disaat pandemi yang mengharuskan para siswa untuk melakukan PJJ, hal itu bukanlah suatu halangan bagi siswa SMAPA untuk berkarya.

deskripsi:

Bercerita tentang Tata, seorang gadis lugu berusia tujuh belas tahun. Diusianya yang masih sangat muda, ia sudah harus merasakan kehidupan yang amat pahit. Diperkosa oleh ayah kandungnya sendiri membuatnya tak mengerti apa itu kasih sayang, hingga ia kembali dipertemukan dengan sang Mama. Namun ternyata salah, sang Mama juga menjadi alasan gadis tersebut enggan percaya pada orang lain, dan membuatnya merasakan benar apa itu rasa kecewa.

Selama ini kita selalu berusaha mencari-cari sosok pahlawan dalam diri orang lain. Melalui cerita ini kita akan disadarkan bahwa pahlawan sebenarnya ada dalam diri kita sendiri. Konflik dalam cerita ini dibawakan dengan sangat apik sehingga pembaca dapat turut merasakan segala emosi yang dirasakan oleh para tokoh.

XI MIPA 2_Inneke Listya

Berikut ini adalah salah satu karya yang dibuat oleh Inneke Listya, salah satu siswa SMAPA. Karya ananda Inneke ini dibuat saat OSIS PRASETYATAMA mengadakan “Gerakan Hobi Produktif#1: Lomba Cerpen”. Karena lomba ini diadakan bertepatan dan untuk memeriahkan Hari Pahlawan, maka tema yang diambil adalah Kepahlawanan. Meskipun disaat pandemi yang mengharuskan para siswa untuk melakukan PJJ, hal itu bukanlah suatu halangan bagi siswa SMAPA untuk berkarya.

deskripsi:

Mengambil latar di sebuah pedesaan, Sudan seorang yatim piatu yang lemah dan selalu tertindas berusaha bangkit dari keterpurukannya sampai akhirnya ia berhasil menjadi saudagar paling masyur di desanya. Namun teramat sayang, ia dijebak oleh ketamakan sang istri, dan dibunuh dalam sebuah acara amal. Seluruh kejadian itu terekam jelas dalam ingatan sang putra, Pram. Anak itu autis dan banyak diremehkan oleh orang-orang, padahal dalam hatinya tersimpan dendam membara pada sang wanita lacur yang tak lain adalah ibunya sendiri.

Menceritakan tentang pengkhianatan, dendam, dan cinta abadi. Cinta abadi dari Sudan untuk anaknya Pram dan kisah heroik sang ayah yang berkorban demi menyelamatkan nyawa sang putra. Dikemas dengan gaya bercerita dan gaya bahasa yang diatas rata-rata menjadikan cerpen ini memiliki daya tariknya tersendiri.